BIMTEK

Pusat Pengkajian Pengembangan Otonomi Daerah

Bimtek Sistem Penyusunan Anggaaran Berbasis Kinerja

Bimtek Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja

Dengan Hormat,

Sebelum Berlakunya Sistem Anggaran Berbasis Kinerja, Metode Penganggaran Yang Digunakan Adalah Metode Tradisional Atau Item Line Budget. Cara Penyusunan Anggaran ini Tidak Didasarkan Pada Analisis Rangkaian Kegiatan Yang Harus Dihubungkan Dengan Tujuan Yang Ditentukan, Namun Lebih Dititkberatkan Pada Kebutuhan Untuk Belanja/Pengeluaran Dan Sistem Petanggungjawabannya Tidak Diperiksa dan Diteliti Apakah Dana Tersebut Telah Digunakan Secara Efektif dan Efisien Atau Tidak.

Bimtek

Tolak Ukur Dari Keberhasilan Hanya Ditunjukkan Dengan Adanya Keseimbangan Anggaran Antara Pendapatan Dan Belanja Namun Jika Anggaran Tersebut Defisit Atau Surplus Berarti Pelaksanaan Anggaran Tersebut Gagal.

Dalam Perkembangannya, Muncullah Sistematika Anggaran Kinerja Yang Diartikan Sebagai Sesuatu Bentuk Anggaran Yang Sumber-sumbernya Yang Dihubungkan Dengan Hasil Dari Pelayanan. Anggaran Kinerja Mencerminkan Beberapa Hal. Pertama, Maksud Dan Tujuan Permintaan Dana. Kedua, Biaya Dari Program-program Yang Diusulkan Dalam Mencapai Tujuan Ini. Dan Yang Ketiga, Data Kuantitif Yang Dapat Mengukur Pencapaian Serta Pekerjaan Yang Dilaksanakan Untuk Tiap-tiap Program.

Penganggaran Dengan Pendekatan Kinerja Ini Berfokus Pada Efisien Penyelenggaraan Suatu Aktifitas. Efesiensi Itu Sendiri Adalah Pertimbangan Antara Output Dengan Input. Suatu Aktifitas Dikatakan Efisien Apabila Output Yang Dihasilkan Lebih Besar Dengan Input Yang Sama, Atau Output Yang Dihasilkan Adalah Sama Dengan Input Yang Lebih Sedikit.

Anggaran Ini Tidak Hanya Didasarkan Pada Apa Yang Dibelanjakan Saja, Seperti Yang Terjadi Pada Sistem Anggara Tradisonal, Tetapi Juga Didasarkan Pada Tujuan Atau Rencana Tertentu yang Pelaksanaannya Perlu Disusun Atau Didukung Oleh Suatu Anggaran Biaya Yang Cukup Dan Penggunaan Biaya Tersebut Harus Efisien Dan Efektif.

Dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Pemda, Baik Efektif Maupun Legeslatif Pada Sistem Anggaran Berbasis Kenerja Maka Kami Dari P3OTDA (Pusat Pengkajian Pengemnbangan Otonomi Daerah) Akan Melaksanakan Bimtek Tentang;

“Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja”

Adapun Tempat Dan Tanggal Pelaksanaannya, KLIK DISINI

Fasilitas Peserta/Informasi Kegiatan

  1. Menginap Selama 4 Hari 3 Malam
  2. Pelatihan Selama 2 Hari
  3. Konsumsi ( Coffe Break, Breakfast, Lunch dan Dinner )
  4. Kelengkapan Pelatihan, Sertifikat Dan Tas Eksklusif
  5. Akomodasi Pendaftaran Rp. 4.500.000,-/

Untuk Informasi Keikutsertaan Bimtek Dapat Menghubungi :

Hp . 0812 9460 8966 Atau Trlpon/Faks 021 21470808, Email, p3otda@gmail.com / fhaisal230390@gmail.com

Keterangan Lebih Lanjut :

  • Calon peserta bimtek wajib melakukan pendaftaran dengan menghubungi 08129460 8966, 5 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
  • Biaya Kontribusi untuk satu peserta bimbingan teknis sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Biaya bimtek yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung.

 

P3OTDA, melayani permintaan kegiatan Bimtek di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang diinginkan disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 10 orang peserta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BIMTEK © 2018 Frontier Theme