BIMTEK

Pusat Pengkajian Pengembangan Otonomi Daerah

Bimtek Sistem Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa

Bimtek Sistem Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Keuangan Desa

  • Berdasarkan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa
  • Penatausahaan, Pengelolaan Keuangan Desa dan Pertanggungjawaban Sesuai Permendagri Nomor 133 Tahun 2014
  • Permendagri No. 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa

Bimtek

Dalam Peraturan Diatas Ini Materi Yang Dimaksud

  1. Keuangan desa adalah semua hak dan kewajiban dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa yang dapat di nilai dengan uang termasuk didalamnya segala bentuk kekayaan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban desa terdebut
  2. Pengelolaan keuangan desa adalahkeseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, penatauasahaan, pelaporan, pertanggung-jawaban dan pengawasan keuangan desa.
  3. Anggaran Pendapatan dan Belaja Desa, selajutnya disingkat APBDes, adalah rencana kegiatan tahunan pemerintah desa yang dibahas dan di setujui bersama oleh pemerintah dan badan permusyawaratan desa, dan ditetapkan dengan peraturan desa
  4. Penmegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa adalah kepala desa karena jabatannya memmpunyai kewenangan menyelenggarakan keseluruhan pengelolaan keuangan desa.
  5. Pelaksana teknis pengelolaan keuangan desa yang selanjutnya disebut PTPKD adalah perangkat desa yang di tunjuk oleh kepala desa untuk melaksanakan pengelolaan keuangan desa.
  6. Bendahara adalah perangkat desa yang ditujuk oleh kepala desa untuk menerima, menyimpan, menyetorkan, menatausahakan, membayarkan dan mempertanggung-jawabkan keuangan desa dalam rangka pelaksanaan APBDes.
  7. Rencana pembangunan jangka pendek (tahunan) yang selanjutnya disebut Rencana Kerja Pembanguna Desa (RKPDesa) adalah hasil musyawarah masyarakat desa tentang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk priode 1 (satu) tahun.
  8. Rencana Pembanguna Jangka Menengah Desa yang selanjutnya disingkat RPJMDes adalah dokumen perencanaan desa untuk priode 5 (lima) tahun.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman aparatur pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa maka P3OTDA (Pusat Pengkajian Pengwmbangan Otonomi Daerah) Beserta Para Narasumber yang Berkompoten dibidang ini akan mengadakan Kegiatan bimtek tentang

“Sistem Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa”

Adapun Tempat Dan Tanggal Pelaksanaannya, KLIK DISINI

Fasilitas Peserta Bimtek / Informasi Kegiatan

  1. Menginap Selama 4 Hari 3 Malam
  2. Pelatihan Selama 2 Hari
  3. Konsumsi ( Coffe Break,Breakfast, Lunhc dan Dinner )
  4. Kelengkapan Pelatihan, Sertifikat dan Tas Eksklusif

Untuk Konfirmasi Keikutsertaan Dapa Menghubungi

Hp : 0812 9460 8966 Atau Telpon/Faks 021 21470808

Email : p3otda@gmail.com / fhaisal230390@gmail.com

Keterangan Lebih Lanjut :

  1. Calon peserta bimtek wajib melakukan pendaftaran dengan menghubungi 081294608966, 5 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
  2. Biaya Kontribusi untuk tiap peserta bimtek sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  3. Biaya bimtek yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BIMTEK © 2018 Frontier Theme